Games

LAPTOP

Xiaomi Akan Rilis Laptop Windows 10 di Q1 2016

Beberapa bulan lalu sempat dikabarkan bahwa Xiaomi memiliki ambisi cukup besar untuk terjun ke bisnis laptop dan penggarapan perangkat berbasis sistem operasi Windows. Ini terbukti dengan dirilisnya Xiaomi Mi Pad 2 versi Windows 10 di Cina, (23/1/2015).

Kini beredar kabar bahwa Xiaomi bersiap merilis laptop perdananya yang menjalankan OS Windows 10. Mungkin banyak pihak kemudian bertanya, mengapa Xiaomi terjun ke bisnis laptop? Padahal merek Xiaomi di bisnis smartphone sudah kuat, terlebih dengan langkah ekspansi besar-besaran Xiaomi ke pasar global.

Ini dikarenakan salah satu strategis bisnis yang baik dan tangan dingin Hugo Barra, yang bergabung di Xiaomi. Xiaomi bagaimanapun adalah salah satu merek besar dan bagian utama dari pangsa pasar smartphone dan perangkat cerdas di Cina, hal ini menjadikannya cukup masuk akal bagi Xiaomi untuk kemudian memperluas lini produknya yakni laptop.

Kabarnya, laptop Xiaomi ini akan menjalankan sistem operasi OS Windows 10, dan antarmuka  MIUI OS besutan Xiaomi sendiri dalam skema dual boot. Laptop ini kabarnya akan dirilis pada Q1 2016, dan pertama kali di Cina.

Menurut siaran pers dari Inventec, saat ini pihaknya telah bekerja sama dengan Xiaomi untuk menggarap dua laptop, yang akan diperkenalkan di bawah merek Xiaomi. Laptop itu memang  dijadwalkan rilis pada awal 2016.

Richard Lee, CEO Inventec, menegaskan kolaborasi yang dibangun bersama Xiaomi terjadi sejak bulan lalu. Lee pun mengungkapkan bahwa Xiaomi adalah salah satu dari merek bisnis yang penting di Cina, dengan memiliki jumlah pengguna lebih dari 200 juta pelanggan. Inventec  berencana mengirimkan unit laptop dalam beberapa waktu di semester pertama di 2016, dengan harapan pengguna perangkat Xiaomi akan tertarik membeli laptop baru Xiaomi dan mendapat mengalaman yang menyenangkan.

"Setidaknya kami menghadirkan tampilan yang berbeda untuk laptop terbaru ini, seperti smartphone Xiaomi," Ujar Lee. Inventec Appliance Corp, anak perusahaan Inventec Corp sejauh ini dipercaya telah memproduksi lebih dari 30 juta handset untuk mitra vendor di Cina.

Dengan keputusan Xiaomi untuk menyelam ke pasar laptop maka Xiaomi harus siap bersaing dengan merek-merek mapan seperti Lenovo Group, HP (Hewlett-Packard) dan Apple. Meskipun demikian, jika Xiaomi menjual laptopnya dengan harga yang sangat terjangkau, kemungkinan besar laptop Xiaomi akan laris manis di pasar global.

Bulan lalu, sempat terdengar rumor bahwa laptop Xiaomi ini akan dibekali layar sekitar 15 inci dan akan dikenalkan ke pasar dengan rentang harga 2999 yuan atau Rp.6,3 jutaan. (Nariswari) tabloidpulsa.co.id

About Pesona Kedaung

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.