Games

Berita Terkini

Ubah Video Biasa Jadi Tayangan Virtual Reality

Anda yang gadget freak pastinya sudah tahu dengan Virtual Reality dong. Ya, teknologi visual yang membuat Anda seolah-olah mengalami sensasi nyata dari konten yang ditonton ini mulai menyerbu pasar gadget global, khususnya smartphone. Tapi jangan berfikiran porno dulu ya hehehe. Banyak hal positif juga loh yang bisa dinikmati lewat teknologi VR ini.

Umumnya, konten VR yang ditawarkan para content maker memang sudah disesuaikan dengan perangkat yang mendukung VR. Anda juga pasti tahu dengan Google Cardboard, Oculus Rift, Project Morpheus, Samsung Gear VR dan sebagainya. Perangkat-perangkat tersebut memang didesain khusus untuk bisa digunakan sebagai media menikmati konten VR.

Sekarang kita kesampingkan hal tersebut. Yang jadi bahasan kali ini adalah apakah kita dapat menikmati konten biasa menjadi Virtual Reality? Dan gimana sih caranya?

Sebagai informasi, Lenovo Vibe K4 Note diklaim sebagai ponsel pertama yang didukung teknologi Virtual Reality khusus yang disebut TheaterMax technology. Fitur ini mampu menghadirkan pengalaman menonton tayangan cinema secara virtual di layar lebar. Konten tayangannya pun tidak harus yang sudah khusus berkonsep VR atau 360 Video, tapi tayangan biasa juga bisa dirubah menjadi konten VR.
Screenshot 2016 04 04 11 37 56 813
Secara teknis, dengan mengaktifkan VR Mode di Lenovo Vibe K4 Note, secara otomatis tampilan layar ponsel tersebut akan terbagi menjadi dua jendela, khas tampilan virtual yang biasanya ditonton via Cardboard maupun perangkat VR kebanyakan.

Nah, Anda yang memiliki smartphone Android pun bisa menikmati teknologi yang mirip kepunyaan Lenovo Vibe K4 Note tersebut. Cukup menginstal aplikasi pihak ketiga, salah satunya adalah VR Player. Aplikasi yang juga sekaligus sebagai video player ini bisa merubah konten video biasa menjadi tayangan Virtual Reality loh.

Buat yang penasaran, berikut ritual yang perlu Anda lakukan:
Persiapan
1.    Pastikan smartphone Anda memiliki file video.

2.    Jangan lupa juga, Anda harus memiliki Cardboard VR. Anda bisa membuatnya sendiri Cardboard sederhana seperti punya Google atau bisa juga membelinya, murah kok.

Ritual
1.    Unduh aplikasi VR Player dari Play Store. Aplikasi ini tersedia secara gratis, namun ada juga versi Pro (berbayar) yang tanpa baner iklan.
  Untitled 1
2.    Selanjutnya, install aplikasi tersebut ke ponsel.
  Untitled 2 
3.    Setelah terinstal, buka dan lakukan sedikit pengaturan.
Misalnya, Anda bisa memilih mode tayangan sesuai dengan jenis file video yang akan ditonton.
Di pojok kanan atas ada opsi Cardboard dan smartphone. Tinggal sesuaikan saja.
 3a Images Data 2016 Juni Thumb Other400 0
Di sebelahnya, ada pilihan ‘Projection”. Anda juga dapat menentukan mana opsi yang sesuai dengan selera.
 3b Images Data 2016 Juni Thumb Other400 0
Terakhir, Anda bisa menentukan format tampilan, bisa 2D atau 3D, dan tentunya harus disesuaikan dengan jenis file videonya.
 3c Images Data 2016 Juni Thumb Other400 0
4.    Setelah pengaturan diatas selesai dilakukan, Anda harus menyisipkan smartphone ke cardboard atau perangkat VR.

5.    Berikutnya, pilih opsi menu yang ada di pojok kanan atas tampilan aplikasi.
 5 Images Data 2016 Juni Thumb Other400 0
6.    Pilih ‘Open File’, dan Anda akan dibawa langsung ke folder penyimpanan file video. Bisa dari cloud (penyimpanan awan) atau memori ponsel. Tergantung di mana Anda menyimpan file video yang ingin ditonton.
  Untitled 6 Images Data 2016 Juni Thumb Other400 0 
7.    Selanjutnya, tinggal pilih saja file video yang ingin ditayangkan. Dan Anda pun sudah bisa menikmati pengalaman menonton video VR dengan kualitas Sinematik.
  Untitled 7 Images Data 2016 Juni Thumb Other400 0 
8.    Sebagai tambahan, selain dari folder internal maupun cloud, Anda juga dapat menonton video VR secara streaming. Tinggal pilih opsi “Open URL”.
 Untitled 8 Images Data 2016 Juni Thumb Other400 0  

Selamat mencoba….! (Hairuddin Ali / @hairuddin_ali)

source tabloidpulsa.co.id

About Pesona Kedaung

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.